KELUARGA SAKINAH (Studi wawancara terhadap masyarkat desa Rejoso Peterongan Jombang)


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Allah menciptakan makhluk serba berpasangan, demikian juga manusia, jadi berkeluarga adalah fitrah hidup. Telah menjadi sunnatullah, bahwa setiap orang yang memasuki pintu gerbang pernikahan, apakah ia pria atau wanita, apakah ia tua atau muda pada dasarnya semuanya ingin menciptakan pernikahan itu menjadi sebuah rumah tangga dan keluarga yang bahagia dan sejahtera.
Pasangan secara konsepsional harus melahirkan harmoni atau dinamika, salah satu konsep hidup berkeluarga adalah keluarga sakinah, yakni keluarga yang berlangsung dengan mengikuti panduan agama Islam. Keluarga sakinah merupakan subsistem dari sistem sosial menurut Al-Quran dan bukanlah sebuah bangunan keluarga di atas lahan kosong.
Untuk itu penulis ingin mengadakan survey wawancara terhadap masyarakat di desa Rejoso kecamatan Peterongan kabupaten Jombang mengenai konsep keluarga sakinah.

1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimanakah konsep keluarga sakinah?
2. Apakah hal-hal yang mempengaruhi keluarga sakinah?

1.3 Manfaat Penelitian
Kegunaan penelitian ini mencakup dua aspek berikut :
1. Secara teoritis, sebagai usaha untuk mengetahui pandangan masyarkat desa rejoso Peterongan Jombang tentang keluarga sakinah.
2. Secara praktis, agar penerapan konsep keluarga sakinah dapat diterapkan dengan cara yang tepat agar tercipta keluarga atau rumah tangga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

1.4 Metode Penilitian
Jenis penelitian merupakan payung penelitian yang dipakai sebagai dasar utama pelaksanaan riset. Oleh karena itu, penentuan jenis penelitian didasarkan pada pilihan yang tepat karena berpengaruh pada keseluruhan perjalanan riset.
Jenis penelitian yang saya ambil adalah Interview atau sering disebut juga wawancara mempunyai definis suatu proses komunikasi interaksional antara dua pihak. Cara pertukaran yang digunakan adalah cara verbal dan nonverbal dan mempunyai tujuan tertentu yang spesifik.

1.5 Sistematika Penulisan
Sistematika pembahasan merupakan rangkaian urutan dari beberapa uraian suatu sistem pembahasan dalam suatu karangan ilmiah. Dalam kaitannya dengan penulisan ini secara keseluruhan terdiri tiga bab, yang disusun secara sistematis sebagai berikut :
BAB I : Merupakan bab pendahuluan yang didalamnya memuat tentang latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, penelitian terdahulu, metode penelitian, serta sistematika pembahasan.
BAB II : Pembahasan, di dalamnya memuat pembahasan tentang rumusan masalah, konsep dan implementasi keluarga sakinah, pemaparan data wawancara dan penganalisisan data.
BAB III : Penutup, penulis akan mengakhiri seluruh penelitian ini dengan suatu kesimpulan dan tidak lupa untuk menyertakan saran.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Paparan Data
Untuk mendapatkan data tentang pengkajian keluarga sakinah dari masyarakat, penulis telah membuat serangkaian pertanyaan untuk diajukan kepada narasumber dari masyarakat di Desa Rejoso, kecamatan Peterongan, kabupaten Jombang. Daftar pertanyaan yang diajukan oleh penulis adalah sebagai berikut:
1. Apakah anda sudah berkeluarga?
2. Apa yang anda ketahui tentang keluarga sakinah?
3. Apakah hal-hal yang menghambat penerapan keluarga sakinah?
4. Apakah hal-hal yang mendukung terwujudnya keluarga sakinah?
5. Bagaimanakah kedudukan badan konseling keluarga sakinah?
6. Taukah anda tentang kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) artis Cici Paramida? Bagaimana pendapat anda?
7. Menurut anda kenapa Kekerasan tersebut terjadi?

Kemudian data hasil interview adalah sebagai berikut :
A. Narasumber Pertama:
a. data diri
Nama : Moh. Zainullah
Jenis Kelamin : Laki laki
Umur : 29 tahun
Pekerjaan : Wiraswasta
Pendidikan Terakhir : Strata Satu Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang
Alamat : Desa Rejoso Peterongan Jombang

b. Hasil interview
1. Sudah, 3 tahun menikah.
2. Keluarga sakinah adalah keluarga yang selalu tentram dalam kehidupan sehari-hari.
3. Adapun hal-hal yang menghambat dalam keluarga sakinah adalah: perselingkuhan, kurangnya komunikasi antara suami dan istri, kekerasan dalam rumah tangga dan kekurangan nafkah baik lahir maupun batin.
4. Adapun pendukung untuk sebuah keluarga sakinah, antara lain: saling komunikasi antara suami dan istri, saling pengertian dan nafkah harus cukup, baik nafkah batin maupun lahir.
5. Kedudukan konseling keluarga sakinah sangat penting, dikarenakan konseling keluarga sakinah sangat mendukung sekali dalam penerapan dan keharmonisan sebuah keluarga.
6. Kalau kasus tentang KDRT saya kurang paham, tapi yang saya ketahui bahwa suami dari Cici Paramida (Suhaibi) menabrak (menyerempet) badan Cici Paramida. Adapun tanggapan saya, seorang suami dalam sebuah keluarga harus menjaga istri dan anak-anaknya dalam menjalankan keluarga yang sakinah.
7. Kekerasan dalam rumah tangga terjadi dikarenakan suami dan istri tidak saling pengertian dan lupa terhadap tanggung jawab masng-masing.

B. Narasumber kedua:
a. data diri
Nama : Rizki Layyinah
Jenis Kelamin : Perempuan
Umur : 21 tahun
Pekerjaan : Ibu Rumah Tangga
Pendidikan Terakhir : Strata Satu Akutansi Universitas Brawijaya Malang
Alamat : Desa Rejoso Peterongan Jombang

b. hasil interview
1. Sudah
2. Keluaraga yang tentram, dalam artian pasangan yang secara konsepsional dapat melahirkan harmoni dengan mengiluti panduan Islam. Keluarga sakinah biasanya setia, anak-anak berbakti, tenang, terhormat dan lain sebagainya.
3. Saling banyak tuntutan dari pasangan atau bersama keluarga, tidak sabar menghadapi pasangan atau keluarga, kurang kesadaran akan saling mengerti dan kurang akrab antar keluarga.
4. Saling pengertian, musyawarahkan permasalahan, tidak egois, tidak selingkuh tentunya dan berdoa kepada Allah SWT.
5. Sangat penting, karena badan konseling tersebut dapat membentuk rasa senang, tenang, dan terhormat, yang akan membuat hidup nyaman. Dengan pembibingan badan konseling tersebut suami istri akan dapat sama-sama belajar dan melangkah bersama-sama.
6. Iya tahu, menurut saya situasi itu terjadi karena kurang terbuka antara satu sama lain dan kurang kesdaran kalau mereka telah saling menyakiti. Dalam hal ini jelas karena tidak ada keselarasan dalam keluarga yang dibina.
7. Kurang bisa menjaga emosi dan mungkin sudah menjadi kebiasaan, tidak ada yang bisa mengalah (egois), keakraban antar individu kurang terjalin dan kurang beriman.

C. Narasumber Ketiga.
a. data diri:
Nama : Shinta Aulia Rifki
Jenis Kelamin : Perempuan
Umur : 20 tahun
Pekerjaan : Kasir Supermarket B Mart Jombang
Pendidikan Terakhir : MAN 1 Tlogomas, Malang
Alamat : Desa Rejoso Peterongan Jombang

b. hasil interview
1. Masih lajang
2. Keluaraga sakinah itu adalah keluarga yang tidak pernah bertengkar atau ketentraman dalam keluarga.
3. Perselingkuhan, perseteruan, keras kepala antara suami dan istri.
4. Saling pengertian, bisa menjaga ketentraman, tidak keras kepala
5. Menurut saya perlu, karena apabila kita menginginkan keluarga tersebut, kita harus membutuhkan pembimbing.
6. Iya, kalau menurut saya, suami Cici Paramida tersebut harus dihukum seberat-beratnya karena suami Cici tersebut berselingkuh dengan wanita lain. Kalau memang suami Cici tersebut ingin menikah lagi, mengapa tidak minta persetujuan dulu dari sang istri.
7. Mungkin karena sang Cici tersebut, belum (tidak) memuaskan untuk melayani sang suami, mungkin juga suami Cici (Suhaibi) keras kepala dan tidak bisa menjaga keharmonisan dalam keluarga.

2.2 Analisis Data
Dari pemaparan data di atas, dapat dipahami bahwa masyarakat Rejoso telah mengetahui tentang konsep keluarga sakinah yaitu keluaraga yang tentram, dalam artian pasangan yang secara konsepsional dapat melahirkan harmoni dengan mengiluti panduan Islam. Keluarga sakinah biasanya setia, anak-anak berbakti, tenang, terhormat dan lain sebagainya Dalam hal ini telah ada kesadaran dari masyarakat untuk menerapkan konsep keluarga sakinah, agar tidak terjadi kemiringan atau kesenjangan dalam rumah tangga. Dibutuhkan kerjasama yang kompak dari suami dan istri, tidak hanya salah satu yang menjaga keseimbangan dalam megarungi bahtera rumah tangga.
Kemudian tentang posisi badan konseling keluarga sakinah, dapat dibilang berpengaruh. Karena badan konseling tersebut dianggap sebagai pembimbing agar rumah tangga dapat berjalan dengan tentram, penuh rasa kasih dan sayang.
Untuk hal-hal yang menghambat terbentuknya keluarga sakinah, perselingkuhan adalah hal yang paling mengancam. Hal itu terjadi dikarenakan tidak adanya komunikasi antara suami istri, tidak adanya pengertian,
Mengenai pandangan masyarkat tentang kasus kekerasan rumah tangga yang dialami artis Cici Paramida, secara tersurat dapat ditangkap bahwa hal tersebut adalah kesalahan Suhaibi (suami cici paramida). Yang mana Suhaibi menyerempet cici, ketika terpegok satu mobil dengan wanita lain. Hal tersebut terjadi karena Suhaibi kurang bisa menjaga emosi, egois dan kurang beriman.

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Keluarga sakinah yaitu keluaraga yang tentram, dalam artian pasangan yang secara konsepsional dapat melahirkan harmoni dengan mengiluti panduan Islam. Keluarga sakinah biasanya setia, anak-anak berbakti, tenang, terhormat dan lain sebagainya
Badan konseling keluarga sakinah, dapat dibilang berpengaruh. Karena badan konseling tersebut dianggap sebagai pembimbing agar rumah tangga dapat berjalan dengan tentram, penuh rasa kasih dan sayang.
Hal-hal yang mempengaruhi pembentukan keluarga sakinah adalah emosional individu, fisik, ekonomi, keluarga lain dan orang ketiga.

3.2 Saran-saran
• Pemahamn tentang pentingnya keluarga sakinah harus dapat dicerna masyrakat secara luas.
• Pembelajaran tentang keluarga sakinah tidak hanya diperuntukkan bagi pasangan suami istri, tetapi juga kepada para remaja sebagai calon suami dan calon istri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s